Selasa, 17 September 2013

Foreign Exchange Market



UNEJ




FOREIGN EXCHANGE MARKETS


RESUME

Oleh:
Titik Kusumawati     110810301045
Tias Iftitah                 110810301097
Elsa Dwi Wahyu       110810301011
Wafiq Darmawan     110810301142



JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS JEMBER
2013


APA ITU PASAR VALUTA ASING

Pasar valuta asing atau disingkat valas merupakan suatu jenis perdagangan atau transaksi yang memperdagangkan mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya yang melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan. Sedangkan tarif dari pertukaran mata uang ini disebut juga dengan Foreign Exchange Rate di Indonesia dikenal dengan Kurs Valas.  Valuta asing merupakan mata uang yang dikeluarkan sebagai alatpembayaran yang sah di negara lain. Valuta asing akan mempunyai suatu nilai apabila valutatersebut dapat ditukarkan dengan valuta lainnya tanpa pembatasan.
Masing-masing negara, atau sekelompok negara memiliki mata uang, dan usaha lintas perbatasan sendiri. Contohnya, perusahaan Eropa ingin berinvestasi ke perusahaan di Jepang atau membeli persediaan dari perusahaanJepang, biasanya akan memperoleh mata uang Japan (yen) untuk melakukan pembelian. Pasar valuta asing menyediakan kepada perusahaan Eropa untuk bertukar euro ke yen dan kemudian digunakan untuk berbisnis di Jerpang. Kesamaannya, jika perusahaan Jepang yang menerima pembayaran euro mereka tidak akan banyakmenggunakan eurodi Jepangdanperlu menggunakanpasar valuta asinguntuk menggantikanmata uangasing inidenganyen.
Perdagangan internasionaldan investasimengharuskanorang dan perusahaandari suatu negaradapat mengkonversimata uangmereka kemata uangnegara lain. Pasar valuta asingdalah kombinasi daribanknasional pusat, bank swasta, dan dealervaluta asingdan brokermelaluiorang-orang danperusahaan dapatmenjual atau membelimata uang asing.Pasar valuta asingdalah pasar terbesardi dunia,dengantransaksimelebihi $ 1,8 triliun setiap hari. Tidak sepertipasar saham, pasar valuta asing bukanstrukturterorganisirdengantempat pertemuanterpusat. Pertukaranmata uangterjadi diseluruhduniadan beberapa pertukaran terbuka hampir setiap jam setiap hari. London, Tokyo, dan New York adalah pasar terbesar. Pasar dibuka di Hong Kong di senin pagi (yang minggu malam adalah di New york) dan berkembang diseluruh dunia melalui Tokyo, Frankfurt, London New york, Chicago, dan San Fransisco.
Nilai tukar merupakan harga satu mata uang dalam hal nilai mata uang lain. Setiapkursmemiliki dua sisi, nilai mata uang X dalam hal Y, dan nilaimata uangYdalam halX.Sebagai contoh, dolar ASmungkinmembeli ataubernilai£ 0,5738Inggris, sedangkan,pada tingkatyang sama,bernilai1,7429 dolar AS. Ini disebutnilai tukarbilateral. Ketika beberapamata uang yang dipertimbangkan dalam hal masing-masing nilai lain, ini disebut tingkat lintas mata uang.
Seperti setiap pasar, nilai mata uang mengalami perubahan atas mata uang lainnya secara terus-menerus, sampai 20 kali per menit. Mata uang terdepresiasi atau terapresiasi terhadap satu sama lain. Misalnya, ketika dibutuhkan satu dolar AS lebih untuk membeli franc Swiss(CHS), orang akan mengatakan bahwa dolar telah terdepresiasi terhadap franc Swiss. Masa keuangan adalah titik tengah antara bank dan dealer, pertukaran lainnya disebut bid dan ask spread. Bank dan lain-lain yang berhubungan dengan pertukaran mata uang tidak berubah untuk layanan mereka, tetapi menghasilkan uang dengan membeli pada satu harga, harga penawaran, dan menjual mata uangdengan harga lebih tinggi, hargapermintaan.
Para ekonom sering melihat pasar valuta asing sebagai sistem berjenjang. Pertama adalah tingkat grosir, yang meliputi bank-bank komersial yang secara langsung melayani bisnis dan individu yang ingin membeli atau menjual mata uang asing.Kedua adalahtingkatritel, yang terdiridari agen kecil yang membeli dan menjualvaluta asing.
Grosirtingkat informal, secara geografis memiliki jaringan sekitar 2.000 bank dan mata uang perusahaan broker. Sekitar tigakuartaldari$1,5triliunper haridalam pertukaranantarabank. SWIFT(Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication; Telekomunikasi Keuangan antar Bank untuk Masyarakat Seluruh Dunia) adalahsistem kliringutama untuktransaksi internasional.

TIPE TRANSAKSI VALUTA ASING

Transaksi valuta asingdapatmengambil bentuk yang berbeda. Spot Transactionadalahtransaksiinmediatepada kursspesifik. Dengan konvensi, ketikabank-bankterlibatdalamtransaksi spotdengan dua hari kerjauntukmenyelesaikan transaksi. Hal ini memungkinkan waktuke rekening bankdebitdan kreditdi negara-negarayang terlibat. Pasar spot melibatkan pertukaran mata uang dalam bentuk cek yang ditarik pada rekening dengan nominasi mata uang yang berbeda.
Bisnis internasional memiliki pilihan lain mengenai transaksi mereka. Fordward Transaction atau disebut juga transaksi berjangka pada prinsipnya adalah transaksi sejumlah mata uang tertentu dengan sejumlah mata uang tertentu lainnya dengan penyerahan pada waktu yang akan datang. Kurs ditetapkan pada waktu kontrak dilakukan, tetapi pembayaran dan penyerahan baru dilakukan pada saat kontrak jatuh tempo.Kurs dimana transaksi forward akan diselesaikan telah ditentukan pada saat kedua belah pihak menyetujui kontrak untuk membeli dan menjual. Transaksi forward biasanya terjadi bila eksportir, importir, atau pelakue konomi lain yang terlibat dalam pasarvalasharusmembayarataumenerimasejumlahmatauangasingpadasuatutanggaltertentu di masamendatang.Transaction forward ini biasanya sering digunakan untuk tujuan hedging dan spekulasi. Hedging atau pemagaran risiko yaitu transaki yang dilakukan semata-mata untuk menghindari risiko kerugian akibat terjadinya perubahan kurs atau nilai tukar.
Jenis transaksi ketiga, yangbiasanya terjadiantar bank, disebutcurrrencyswap.Sebuahswap melibatkandua bursa. Perjanjian swap adalah transaksi pertukaran dua valuta melalui pembelian atau penjualan tunai (spot) dengan penjualan atau pembelian kembali secara berjangka yang dilakukan secara simultan dengan bank yang sama dan pada tingkat premi atau diskon dan kurs yang dibuat dan disepakati pada tanggal transaksi dilakukan.Pertama, bank-banksetuju untukbertukarsejumlahmatauang tertentudengan nilai tukar yangditetapkan.Kedua, mereka setuju untukkembaliswapmata uang di masa depanpada kursyang ditetapkan.Bankmelakukan iniuntukmemastikan bahwa mereka memilikicukupmata uang tertentuuntuk melayani pelanggan mereka.

SEJARAH SISTEM KURS

Adaberbagai aturanbahwa negara-negaradapat menggunakandanmengaturnilai mata uang relatif merekaterhadapnilaimata uangnegaralain. Aturan inidisebutdengansistem kurs. Secara historis, ada tigautamasistem kursyaitu: Standar Emas, Sistem BrettonWoods, dan SistemMengambang.
1.      Standar Emas
Dimulaipada tahun 1800-1930an, banyak negaramenetapkan nilaimata uang merekarelatif terhadapsatu ons emas. Satu titikpenting tentangnilai tukarberbasis komoditasemastersebut adalah bahwanegara harusmenyimpan sejumlahcadangan substansialemasuntuk melegitimasinilai mata uang keemas.Iniberarti bahwa untukmemiliki lebih banyak uangdalamperekonomian negaramemerlukan lebih banyakemas.Nilaiuang beredardannilai emastidak perlusama persis, tetapi harustetap stabiluntukmemenuhipermintaanpertukaranmatauang.
Meskipunstandar emasmenghasilkanstabilitashargadan nilai tukar, setelah awalperangdunia1sebagian besar negaraEropamencegahmata uang mereka diubahmenjadi emas. Ketikaperang berakhir, beberapa negaramencoba untuk kembali kenilai tukarsebelumnyatetap berdasarkanstandaremas. Kebanyakannegara-negaraindustrimulai mengejarkebijakanseperti meningkatkantingkat pekerjaandaripada mempertahankannilai mata uangmereka.Sebuahmata uang bernilailebihdapat membuatbarang dan jasadi negaramahal, mengurangi permintaandan dengan demikianmenurunkankerja. Ketika nilaimata uangnegara tersebutterdepresiasirelatif terhadapmata uang lainnya, produknegaramenjadi lebih murahdi pasar dunia.Ini seringmenyebabkan peningkatan penjualaninternasional dan domestikkarenabarang-barang asingmenjadi lebihmahal untukkonsumen lokal, danlokal yang baikmenjadi lebih murahdi pasar internasional.Pada gilirannya, tingkat pekerjaancenderung naik.
2.      Sistem Bretton Woods
Setelah perang dunia II, Sebagian besar pemerintahmenyadari bahwamembangun kembaliperekonomianEropadan Jepangakan membutuhkannilai tukaryang stabil. Denganrealisasi ini, perwakilan darilebih dari 40negara bertemupada tahun 1940di sebuah resorkecildi BrettonWoods, New Hampshire.Perjanjiantukaryang muncul darikonferensiini disebutperjanjianBretton Woods
Untuk membantu menjaganilai tukar mata uangyang stabil, pesertaBretton Woodssetuju untukmengadopsi pegged exchange-rate system. Ketika negara-negaraberpartisipasi dalampegged exchange-rate system, mereka setuju untukmemperbaikinilai mata uang relatif terhadapmata uang laindaripadakomoditasemas. US Dolarterpilih sebagaimata uang dasardan semuanegara sepakat untukmenjaganilai mata uang merekadalam plusatau minus1 persen darinilai dolar tertentu.Dengan demikian, karenaDollarAS tetapdengan emas, ini adalah standar emaslangsung, tetapinegara-negaramenggunakan dolarASdaripadaemasuntuk menyelesaikan transaksiinternasional.AS, di sisi lain, masihsepakat untuk bertukardolar untukemas di$nilai35/ons.
PerjanjianBretton Woodsjuga menciptakanDana MoneterInternasional(IMF). IMFadalah organisasigabungan ketiga negarayang membantumengelolapertukaran uanginternasional.Padaawal 1970-an, spekulandan beberapa pemerintahyangbertukardolar untukAS, emaspunmengalami peningkatan. Spekulanmencatat bahwaketidakseimbangan perdaganganAmerika Serikat (AS membeli lebih banyakdarinegara-negara selainnegara-negara laindari AS) telah meningkatkan pasokandolardi luar negeri.Denganarus keluaremasmeningkat setiap hari, PresidenNixonditangguhkanbahwakonvertibilitas dolarmenjadi emaspada15 Agustus 1971. Inisecara efektifmengakhiriPerjanjian Bretton Woodsdan sistemnilai tukarduniaberada dalam kekacauan.




3.      Sistem Nilai Tukar Mengambang
Memungkinkansetiap negara untukmenggunakankekuatan pasaruntuk menentukannilai mata uangnya.Sebagian besar ekonomiutamamenggunakansistem nilai tukar mengambang, tetapi tentu sajabukan satu-satunyasistem yangdihadapi olehMNC

Sistem NilaiTukar Mata UangLainnya
Dalamfloating-rate system, negaraberhakuntuk campur tanganuntuk mempengaruhinilai mata uang merekadi pasar terbuka. Ingatbahwa sistemindependentingkatmemungkinkanpasaruntuk menentukannilai mata uangrelatif terhadapmata uang lain. PerjanjianBretton Woodsmengakibatkan banyakmata uangdipatok ke dolarditingkat bunga tetap. Banyak negarayang lebih kecilmasihmematokmata uangterhadap mata uang lain, negara yang mempunyai mitradagangdekat atauberinteraksi  melaluipariwisata.Namun, kondisi ekonomiseringberbeda antarnegara danini mengarah kekesulitandalam mempertahankannilai tukar. Untuk menyesuaikanini, beberapa negaramengadopsi Crawling-Peg System.Dengan sistem inidiperbolehkanuntuk menyesuaikannilai tukar dalam batas-batasdari waktu ke waktu. Nikaragua, misalnya memungkinkanmata uangnyauntuk menyesuaikannilaisebesar 1 persenper bulanrelatif terhadapdolar AS.
Bukannyamengelompokkanmata uangmereka untuksatu negara, beberapa negaramemilih untukmematokmata uang merekadengan rata-ratabeberapa mata uang, biasanya enamatau lebih. Pendekatan inidisebutCurrency-Basket Page. Pertukarandidasarkankombinasi darinilai tukar untuksetiap mata uang. Semuanilai tukarmata uangdapat diberikanbobot yang sama. Namunmirip denganmemilih salah satumata uang untukmengelompokkan, beberapanilai tukar mata uangmungkinlebih penting untuk hubungan ekonomi negara.
Salah satu cara terakhirbangsadapat mengelolanilai tukaradalah untukmengadopsimata uangantarnegara. Sejakdolaryang paling sering menjadi mata uang pilihan, praktik ini disebutDollarization. LaporanIMFatas20persenanggotanyamenggunakan mata uangnegaralainsebagai milik mereka.

Apa yang MenentukanTingkatPertukaran
1)      Kemampuan daya beli(purchasing power parity (ppp))
Kemampuan daya beli berarti bahwa, mengabaikan perbedaanpajak, biaya transportasi, danpembatasan perdagangan,barang dan jasa didua negaraharus memilikiharga yang samasetelah mengkonversimasing-masingmata uangmereka kemata uang bersama.inijuga disebuthukum satu harga.Namun, karenamata uangdapat"overvalued atauundervalued" hukumsatu hargatidak selalu pasti. Berarti bahwamata uangbernilai lebih dariyang diperkirakan olehmodel ekonomiovervalue. Penggunaanpppsejakabad keenam belasmembuatnyamungkin jadi model ekonomilama yang digunakanuntuk memperkirakan mata uangovervalueatauundervalued. Berdasarkanteorippp, ekonommenerbitkansetiap tahunindeksmata uangovervaluationdan kurang menghargaiberdasarkanharga sebuah Big Mac McDonalds. Hal inidikenal sebagaiindeksBig Mac. logikadaripadaharga sebuahBigMacharus samasetiap tempatjika kurssudah benar. Dan berdasarkanapa yangharusbayaruntukBig Mac di banyak negara, sebagian besar mata uanglebihatauundervaluedrelatif terhadapdolar AS. IndeksBig Macadalah cara sederhanauntuk melihatnilai mata uangmengenaippp. Banyakfaktor lain yangikut bermainmenentukannilai tukar.
2)      Faktor pasar
 Nilai tukarmencerminkanharga uangyang dibeli dandijual dipasar. Dengan demikian,seperti kebanyakanpasar, penawaran dan permintaanuangdipengaruhihargadalam halmata uang lainnya. Tidak semuanilai tukaryang diizinkan untukmerespon kekuatanpasar danpemerintah dalammengintervensiseringdengan membeli atau menjualmata uanguntuk mempengaruhinilai mereka. Permintaan mata uangadalah berdasarkanpermintaanyang berasal daripermintaan barangdan jasa.
3)      Pengaruh faktorlain padanilai tukar
a)      Inflasi,
b)      Suku bungarelatif,
c)      Tingkat pendapatan,
d)     Peraturan pemerintah.
4)      Risiko nilai tukardan lindung nilai
Risiko nilai tukar adalah suatu bentuk risiko yang muncul karena perubahan nilai tukar suatu mata uang terhadap mata uang yang lain. Suatu perusahaan atau pemodal yang memiliki aktiva atau operasi bisnis lintas negara akan memperoleh risiko ini jika tidak menerapkan lindung nilai (hedging). Risiko nilai tukar yang terkait dengan instrumen mata uang asing penting diperhatikan dalam investasi asing. Risiko ini muncul karena perbedaan kebijakan moneter dan pertumbuhan produktivitas nyata, yang akan mengakibatkan perbedaan laju inflasi.
Lindung nilai(hedge) diartikan sebagai suatu investasi yang dilakukan khususnya untuk mengurangi atau meniadakan risiko pada suatu investasi lain. Lindung nilai adalah suatu strategi yang diciptakan untuk mengurangi timbulnya risiko bisnis yang tidak terduga, di samping tetap dimungkinkannya memperoleh keuntungan dari invetasi tersebut.Seorang hedger atau pelaku lindung nilai biasanya akan melakukan investasi pada suatu sekuritas yang diyakininya memiliki harga di bawah nilai pasar yang seharusnya dan menggabungkannya dengan sekuritas lainnya yang berhubungan dengan sekuritas tersebut.
Karena munculnyanilai tukarterus bervariasi, MNCtentumenghadapi ketidakpastianterus-menerustentang bagaimananilaimata uang mereka sendiridan apa yang merekamemilikidi negara lain.Risiko transaksi eksposuradalah bahwaperusahaan multinasionalyangmelibatkanketidakpastianmengenainilai mata uangdan apa yang dimilikidi negara lain, apa yangdibelidari negara laindanapa yang dijualke negara lain. TranslasiEksposuradalah risikoyang melibatkankarakteristikkeuangan suatuperusahaan multinasionaldengan asetdan kewajibandalam mata uangyang berbeda yang dapatterlihat berbedatergantung padanilai tukar.Hedgingadalah mamprediksirisiko,dengan membuatpertukaransuku bunga mendatang.Forward Exchange Contract adalahperjanjian untuk membelimata uang asingdimasa depan antarapihak independen. Currency Futurest Contracts adalahperjanjian untuk membelimata uang asingdi masa depandidasarkan padaperdagangankontrakdipasar.

ARBITRASE DEVISA
Karena perdaganganmata uang dipasarseluruhdunia, nilai tukarmungkin berbedadi pasar yang berbeda. Ketikanilai tukarberbeda, ada kesempatanuntuk membuatuang dengan membelirendahdan menjualtinggi.Pada kenyataannya, kata "arbitrase" berartimembeli rendah danmenjual tinggi.
Ketikaadapeluang arbitrase, pedagang mata uangbergerak cepat untukmengambil keuntungan dariselisih kurs.karenapeningkatan permintaanuntuk mata uangyang lebih murahakan menyebabkannilainyameningkat, pasar cepat menyesuaikan, menghilangkanpeluang arbitrase. Karena tingkatnilai sering berbedadengan jumlah yang sangatkecil, yangmembutuhkantransaksiyang sangat besar untukmenunjukkan keuntungan.Meskipunsebagian besarspekulan mata uangyang mencobauntuk mengambil keuntungan dariarbitrase, MNCjugamelakukannya ketikapeluang muncul.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar